Jumat, 18 Desember 2015

apakah takdir seseorang bisa dirubah dengan usaha dan berdoa ?

Menurut gue sih bisa, selama masih bisa dikerjakan diri sendiri pasti bisa merubah takdir dengan usaha dan doa (exmpl: yang tadinya fakir miskin bisa jadi kaya raya). 

إِنَّ اللّهَ لاَ يُغَيِّرُ مَا بِقَوْمٍ حَتَّى يُغَيِّرُواْ مَا بِأَنْفُسِهِمْ -الرعد: 11-.
“Sesungguhnya Allah tidak merubah keadaan suatu kaum sehingga mereka merubah keadaan yang ada pada diri mereka sendiri”. 

Sempet merasakan sendiri kekuatan doa itu bener-bener besar banget dan tentu aja usaha untuk merubah keadaan harus maksimal juga, dengan berdoa dan percaya bahwa hanya pada Allah tempat berlindung dan meminta segala urusan lancar aja. Kalau tidak lancar ya sabar dan tawakal , pasti dibalik itu ada hikmahnya, ya walaupun berat kalau dijalani dengan ikhlas insha Allah kita gak akan putus asa masih banyak jalan. Bukan sok alim tapi percaya aja sama janji Allah , Allah SWT gak akan pernah mengingkari janjinya. 

Kalau takdir belum juga berubah jangan pernah salahkan Allah , coba koreksi diri sendiri dulu, sudahkah kamu melaksanakan kewajiban sebagai hamba- Nya ? Sudahkah kamu bersyukur setiap hari atas rejeki dari- Nya ? Sudahkah bersabar dan tawakal atas segala cobaan dari- Nya ? 

Dan jangan pernah iri sama kesuksesan orang lain, kalau iri kita gak akan pernah berusaha untuk kebaikan diri sendiri tapi hanya berusaha tampil lebih baik depan orang 😉


La Tahzan Innallaha Ma'ana 
"Jangan bersedih, Sesungguhnya ALLAH bersama kita"

Tidak ada komentar:

Posting Komentar